Kompetensi Keahlian
Tujuan Program Keahlian Seni Karawitan
Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam
- Menjadi pengrawit tingkat madya
- Menjadi penata musik
- Menjadi paniti gangsa
- Menjadi pelatih karawitan
- Menjadi pengiring / illustrator
- Menjadi pesinden / vokalis tingkat madya
Standar Kompetensi dan Level Kualifikasi
Kode | Kompetensi | Sertifikat Kompetensi | Level Kualifikasi | Jenjang Pendidikan |
---|---|---|---|---|
KAR.YK. 01.001.01 | Memainkan kelompok ricikan Balungan untuk Penabuh Pemula. | Penabuh tingkat Pemula. | Tingkat Pemula | SMK Tk. I |
KAR.YK. 02.002.01 | Memainkan kelompok ricikan Garap untuk Penabuh Pemula. | |||
KAR.YK. 03.003.01 | Memainkan kelompok ricikan Struktural untuk Penabuh Pemula. | |||
KAR.YK. 04.004.01 | Menguasai olah vokal untuk tingkat Pemula. | |||
KAR.YK. 03.007.01 | Memainkan kelompok ricikan Struktural untuk Penabuh Lanjut. | Penabuh tingkat Lanjut. | Tingkat Lanjut | SMK Tk II |
KAR.YK. 01.005.01 | Memainkan instrumen balungan untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 02.006.01 | Memainkan instrumen Garap untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 04.008.01 | Menguasai olah vokal untuk tingkat Lanjut. | |||
KAR.YK. 01.009.01 | Menguasai permainan instrumen Siter untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 02.010.01 | Menguasai permainan instrumen Gender untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 03.011.01 | Menguasai permainan instrumen Rebab untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 04.012.01 | Menguasai permainan instrumen Suling untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 05.013.01 | Menguasai permainan instrumen Gambang untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 06.014.01 | Menguasai permainan instrumen Bonang untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 07.015.01 | Menguasai permainan instrumen Kendhang untuk Penabuh Lanjut. | |||
KAR.YK. 01.016.01 | Memainkan kelompok ricikan Balungan untuk Pengrawit. | Penabuh tingkat Pengrawit. | Tingkat Pengrawit | SMK Tk III |
KAR.YK. 02.017.01 | Memainkan kelompok instrumen Garap untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 03.018.01 | Memainkan kelompok instrumen Struktural untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 04.019.01 | Menguasai olah vokal untuk tingkat Pengrawit (Pesinden). | |||
KAR.YK. 01.020.01 | Menguasai permainan instrumen Siter untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 02.021.01 | Menguasai permainan instrumen Gender untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 03.022.01 | Menguasai permainan instrumen Rebab untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 04.023.01 | Menguasai permainan instrumen Suling untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 05.024.01 | Menguasai permainan instrumen Gambang untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 06.025.01 | Menguasai permainan instrumen Bonang untuk Pengrawit. | |||
KAR.YK. 07.026.01 | Menguasai permainan instrumen Kendhang untuk Pengrawit. |
STRUKTUR KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TAHUN 2019/2020
SMK NEGERI 1 KASIHAN
BIDANG KEAHLIAN : SENI DAN INDUSTRI KREATIF
PROGRAM KEAHLIAN : SENI KARAWITAN
KOMPETENSI KEAHLIAN : SENI KARAWITAN
KELAS X
MATA PELAJARAN |
KELAS X |
|||||
STRUKTUR |
RINCIAN |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
A. MUATAN NASIONAL |
||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
PAG |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
PPK |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
BIN |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Matematika |
MTK |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
SIN |
3 |
3 |
3 |
3 |
6 |
Bahasa Inggris |
BIG |
3 |
3 |
3 |
3 |
B. MUATAN KEWILAYAHAN |
||||||
7 |
Seni Budaya |
SBD |
3 |
3 |
3 |
3 |
8 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
PJOK |
2 |
2 |
2 |
2 |
9 |
Bahasa Daerah |
BDR |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah A dan B |
26 |
26 |
26 |
26 |
||
C. MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
||||||
1 |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
SKD |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Tinjauan Seni |
TSN |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Dasar-Dasar Kreatifitas |
DDK |
2 |
2 |
2 |
2 |
C2. Dasar Program Keahlian |
||||||
1 |
Pengetahuan Karawitan (PKW) |
|
3 |
3 |
3 |
3 |
|
a. PKW-1 (Pengetahuan Karawitan) |
PKW 1 |
|
|
1 |
1 |
|
b. PKW-2 (PIP Gender) |
PKW 2 |
|
|
2 |
2 |
2 |
Teknik Instrumen Pokok (TIP) |
|
5 |
5 |
5 |
5 |
|
a. TIP-1 (PIP Rebab) |
TIP 1 |
|
|
3 |
3 |
|
b. TIP-2 (PIP Kendang) |
TIP 2 |
|
|
2 |
2 |
3 |
Teknik Karawitan Dasar (TKD) |
|
5 |
5 |
5 |
5 |
|
a. TKD-1 (Praktek Karawitan Yogyakarta) |
TKD 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. TKD-2 (Titi Laras dan Vokal) |
TKD 2 |
|
|
1 |
1 |
4 |
Titilaras dan Vokal Dasar (TLV) |
TLV |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah C1, C2 dan C3 |
22 |
22 |
22 |
22 |
||
TOTAL |
48 |
48 |
48 |
48 |
KELAS XI
MATA PELAJARAN |
KELAS XI |
|||||
STRUKTUR |
RINCIAN |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
A. MUATAN NASIONAL |
||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
PAG |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
PPK |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
BIN |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
Matematika |
MTK |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
SIN |
- |
- |
- |
- |
6 |
Bahasa Inggris |
BIG |
3 |
3 |
3 |
3 |
B. MUATAN KEWILAYAHAN |
||||||
7 |
Seni Budaya |
SBD |
- |
- |
- |
- |
8 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
PJOK |
2 |
2 |
2 |
2 |
9 |
Bahasa Daerah |
BDR |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah A dan B |
19 |
19 |
19 |
19 |
||
C. MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
||||||
C3. Kompetensi Keahlian |
||||||
1 |
Praktik Vokal (VOK) |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
|
a. VOK-1 (Vokal) |
VOK 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. VOK-2 (PIP Gambang) |
VOK 2 |
|
|
2 |
2 |
2 |
Praktik Individu Instrumen Pokok (PIP) |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
|
a. PIP-1 (PIP Rebab) |
PIP 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. PIP-2 (PIP Kendang) |
PIP 2 |
|
|
3 |
3 |
3 |
Praktik Karawitan Bersama (PKB) |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
|
a. PKB-1 (Praktek Karawitan Yogyakarta) |
PKB 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. PKB-2 (PIP Gender) |
PKB 2 |
|
|
3 |
3 |
4 |
Praktek Karawitan Iringan (PKR) |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
|
a. PKR-1 (Praktek Karawitan Surakarta) |
PKR |
|
|
4 |
4 |
5 |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
|
a. PKK-1 (Kewirausahaan) |
PKK 1 |
|
|
3 |
3 |
|
b. PKK-2 (Komposisi) |
PKK 2 |
|
|
4 |
4 |
Jumlah C3 |
31 |
31 |
31 |
31 |
||
TOTAL |
50 |
50 |
50 |
50 |
KELAS XII
MATA PELAJARAN |
KELAS XII |
|||||
STRUKTUR |
RINCIAN |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
A. MUATAN NASIONAL |
||||||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
PAG |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
PPK |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
BIN |
2 |
2 |
2 |
2 |
4 |
Matematika |
MTK |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
SIN |
- |
- |
- |
- |
6 |
Bahasa Inggris |
BIG |
4 |
4 |
4 |
4 |
B. MUATAN KEWILAYAHAN |
||||||
7 |
Seni Budaya |
SBD |
- |
- |
- |
- |
8 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
PJOK |
- |
- |
- |
- |
9 |
Bahasa Daerah |
BDR |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah A dan B |
17 |
17 |
17 |
17 |
||
C. MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
||||||
C3. Kompetensi Keahlian |
||||||
1 |
Praktik Vokal (VOK) |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
|
a. VOK-1 (Vokal) |
VOK 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. VOK-2 (PIP Gender) |
VOK 2 |
|
|
2 |
2 |
2 |
Praktik Individu Instrumen Pokok (PIP) |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
|
a. PIP-1 (PIP Kendang) |
PIP 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. PIP-2 (PIP Gambang) |
PIP 2 |
|
|
2 |
2 |
|
c. PIP-3 (Teori Kejuruan) |
PIP 3 |
|
|
2 |
2 |
3 |
Praktik Karawitan Bersama (PKB) |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
|
a. PKB-1 (Praktek Karawitan Yogyakarta) |
PKB 1 |
|
|
4 |
4 |
|
b. PKB-2 (PIP Rebab) |
PKB 2 |
|
|
3 |
3 |
4 |
Praktek Karawitan Iringan (PKR) |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
|
a. PKR-1 (Praktek Karawitan Bali) |
PKR 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. PKR-2 (PIP Siteri) |
PKR 2 |
|
|
2 |
2 |
|
c. PKR-3 (Titi Laras dan Aransemen) |
PKR 3 |
|
|
2 |
2 |
5 |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) |
|
8 |
8 |
8 |
8 |
|
a. PKK-1 (Managemen Prpduksi) |
PKK 1 |
|
|
2 |
2 |
|
b. PKK-2 (Pementasan) |
PKK 2 |
|
|
6 |
6 |
Jumlah C3 |
33 |
33 |
33 |
33 |
||
TOTAL |
50 |
50 |
50 |
50 |